Jamur Bekpeker. Powered by Blogger.
RSS

JOGJA PUN PUNYA GURUN SAHARA..


Lekuk-lekuk di Gumuk pasir Parangkusumo menciptakan sensasi sebuah Gurun Sahara


Sesumbar dari para wisatawan yang pernah berkunjung, tempat menarik ini memiliki sensasi luar biasa seperti berada di gurun pasir Sahara di Afrika. Namun tak hanya sesumbar, dalam kunjungan beberapa waktu lalu,  Zeeworlds pun sempat  mengabadikan sensasi cantiknya.

Adalah Gumuk Pasir Parangkusumo, sebuah fenomena alam di Jogjakarta yang terbentuk oleh endapan pasir dan memiliki bentuk yang indah seperti gurun pasir pada umumnya.
Terletak di sekitar Pantai Parangtritis, pasir-pasir yang konon  berasal dari material vulkanik Gunung Merapi ini terbawa arus sungai hingga ke hulu Pantai Selatan Jogjakarta. Angin yang bertiup kencang pun menciptakan kumpulan pasir yang menggunduk dipadang datar sekitar pantai atau disebut juga gumuk pasir (Sane Dunes).

Gumuk pasir Parangkusumo juga dikenal dengan nama Pasir Berbisik, bukan hanya karena kesuksesan judul film yang dibintangi Dian Sastro Wardoyo, karena nyatanya pasir disini memang benar-benar menimbulkan derit-derit kecil ketika angin bertiup. Heninglah sejenak kala angin mulai bertiup kencang, dekatkan telinga anda pada permukaan pasirnya, dan sensasi bisikan-bisikan pasir itu pun siap membuat anda terpana.

Kawasan ini seringkali digunakan sebagai lokasi syuting film, iklan, video klip, hingga foto-foto pra wedding. Waktu berkunjung yang tepat adalah menjelang sore karena matahari sudah tak begitu terik. Saat jelang sunset, anda akan menemukan lansekap yang memukau dari gumuk pasir ini.

Lepas menikmati sane dunes ala Jogja ini, anda bisa berkunjung ke Pantai Depok atau Pantai Parangtritis untuk menikmati aneka kudapan laut di warung-warung dipesisir pantainya.

Foto by ZeeWorlds



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment